Tentang Kami

N Youth Social Responsibility (yang kemudian disebut NYSR Foundation) resmi dimulai pada akhir Maret 2016. NYSR Foundation lahir dari ide-ide dari beberapa mahasiswa Kriminologi angkatan 2011 Universitas Indonesia yang ingin berkontribusi untuk pendidikan tinggi dalam berbagai hal yang mungkin bisa dilakukan, sekecil apapun itu. Awal bulan februari 2016, beberapa diantara kami mulai melakukan jejak pendapat mengenai gerakan atau kontribusi apa yang mampu kami berikan bagi lingkungan di sekitar kami dengan sumber daya kami yang sangat terbatas. Ide pun muncul untuk menyisihkan sebagian dari rezeki yang kami dapatkan setiap bulannya untuk dikumpulkan menjadi beasiswa bagi mahasiswa yang membutuhkan nantinya.

Pertengahan maret 2016, kami yang berjumlah 41 mahasiswa ini mencoba mengambil komitmen masing-masing untuk menyisihkan seberapapun rezeki yang kami miliki setiap bulannya, dan komitmen itu berhasil kami jalankan di bulan pertama hingga bulan-bulan berikutnya.

Kami percaya terhadap apa yang Soekarno pernah katakan ‘Berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia’. Kami percaya sebagai pemuda kami masih bisa hidup lebih berguna untuk orang di sekitar kami. Jika satu orang dengan sumbangan yang tidak seberapa tidak mampu mengubah apa-apa maka kami percaya 41 orang dengan kekurangannya masing-masing dan dengan sumber dayanya masing-masing yang amat terbatas berkomitmen untuk memberi arti bagi sesama maka akan ada hasil baik yang akan didapatkan.

Juni 2016, program pertama kami lahir. Masih kecil memang, kami membuka kesempatan untuk membiayai biaya kuliah mahasiswa baru Departemen Kriminologi 2016 yang beruntung selama satu tahun penuh. Namun kami berharap, beasiswa ini dapat diberikan kepada orang yang tepat. Kedepannya kami berharap kami bisa terus menjalankan komitmen kami dan kami berharap akan ada banyak orang yang membantu kami memberi arti bagi sesama.

Ya, tentu saja kalian bisa bersama dengan kami memberi arti, memberi kontribusi bagi pendidikan tinggi di Indonesia karena itulah fungsi dari nama N Youth Social Responsibility. Kami sebagai pemuda merasa mempunyai tanggung jawab sosial untuk memberi arti bagi sesama terutama dalam dunia pendidikan mengingat kami dipertemukan dan disatukan di dalam institusi pendidikan. Dalam pelajaran matematika N merepresentasikan jumlah bilangan asli yang bisa mewakili jumlah bilangan sedikit maupun sebanyak apapun. Di awal pergerakan ini dimulai mungkin N hanya merepresentasikan 41 bilangan pemuda yang mencoba memberi arti melalui keterbatasannya masing-masing, namun kami berharap di masa mendatang N dapat merepresentasikan bilangan dari 50, 100, 500, atau bahkan 1000 pemuda yang bergerak bersama untuk memberikan bantuan dalam dunia pendidikan. Karena saat kalian memutuskan untuk membantu, N bukan lagi kami ataupun kalian, namun N adalah kita.

Advertisements